Bisnis

Industri Manufaktur RI Terbaik di ASEAN, Menko Airlangga Semringah

Ini kabar baik, industri manufaktur tumbuh pesat di Tanah Air. Indikatornya, Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia September 2022 naik menjadi 53,7.

Kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, capaian itu naik ketimbang PMI Agustus 2022 sebesar 51,7. Bahkan, PMI Indonesia pada September 2022 ini, lebih tinggi ketimbang rata-rata negara di ASEAN yang berada di level 53,5.

”PMI Indonesia masih solid mengalami pertumbuhan dan terus ekspansif. Ini menunjukkan perbaikan yang konsisten sektor industri manufaktur Indonesia, setidaknya beberapa bulan terakhir, dan juga percepatan pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi,” papar Menko Airlangga, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Hasil itu, kata Ketua Umum Partai Golkar ini, menandakan pertumbuhan pada aktivitas industri manufaktur yang didorong pemulihan ekonomi yang berlanjut atas dampak dari krisis disrupsi rantai pasok dan pandemi COVID-19.

“Hal ini terkonfirmasi dengan adanya rata-rata peningkatan utilisasi sektor industri manufaktur di bulan Agustus 2022 sebesar 71,40 persen naik dibandingkan dengan 69,30% pada Juli 2022,” terang Menko Airlangga.

Sektor-sektor yang mengalami lompatan utilisasi, kata Menko Airlangga, antara lain industri kendaraan bermotor, trailer dan semi trailer; industri alat angkut lainnya, reparasi dan pemasangan mesin dan peralatan; industri makanan dan minuman; industri kertas dan barang dari kertas; industri bahan kimia dan barang dari bahan kimia; industri karet dan barang dari karet dan plastik; dan industri tekstil.

Dari rilis S&P Global PMI terkait PMI ASEAN, menyatakan bahwa kondisi industri manufaktur di ASEAN mengalami percepatan perbaikan dalam setahun terakhir pada  September 2022.

Perusahaan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam output produksi, order baru, aktivitas pembelian dan juga peningkatan ketenagakerjaan. Hal ini menunjukkan kepercayaan bisnis di wilayah ASEAN solid dan kuat.

Rilis tersebut juga mengatakan bahwa perbaikan di sektor manufaktur untuk wilayah ASEAN telah terjadi untuk 12 bulan terakhir, konsisten secara berturut-turut dan berkesinambungan. Ini merupakan angka pertumbuhan tercepat sejak Oktober 2021, dan secara keseluruhan ekspansi manufaktur tercatat solid.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button