News

Presiden Jokowi Bakal Temui Ribuan Alumni Kartu Prakerja di Sentul, Ada Apa?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijdwalkan menghadiri pertemuan ribuan alumni kartu prakerja dari seluruh Indonesia di Sentul International Convention Centre (SICC), Bogor, Jawa Barat Jumat siang (17/6/2022).

Agenda tersebut bagian dari kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Banten dan Jabar sepanjang Jumat hari ini.

Laman Sekretariat Kabinet menyebutkan, Presiden Jokowi menuju lokasi pertemuan alumni kartu prakerja SICC di Bogor, Jabar, setelah Shalat Jumat.

Para alumni kartu prakerja sendiri sudah berdatangan di SICC. Bus dan mobil yang digunakan para alumni telah memadati lapangan parkir. Para alumni. Sementara, para alumni tampak berbaris rapi untuk memasuki area pertemuan.

Salah satu alumni, Nova, mengatakan, ia peserta program kartu prakerja pada 2021. Dia mengikuti kelas wirausaha untuk memulai usaha kopi yang dicita-citakannya.

“Saya ikut tahun lalu karena ingin usaha sendiri di bidang kafe. Mendengar di prakerja dapat pelatihan gratis. Saya daftar dan ternyata lolos,” kata Nova yang berasal dari Bekasi.

Dia berharap, program tersebut terus berjalan. Sebab, membantu para pencari kerja untuk meningkatkan kemampuan. Selain itu, mereka yang ingin menjadi wirausaha mendapatkan pelatihan untuk memulai usaha yang sesuai minat.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian Rudy Salahuddin mengatakan, Presiden Jokowi yang meminta penyelenggaraan acara temu alumni program kartu prakerja ini. Temu alumni ini merespons capaian dan dampak luar biasa dari program kartu prakerja.

“Acara ini diselenggarakan (Jumat) 17 Juni 2022 pukul 14.00 WIB di SICC,” kata Rudy di Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Menurut dia, sebanyak delapan ribu alumni kartu prakerja akan hadir di SICC.

Kartu Prakerja diluncurkan sejak April 2020 guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Tanah Air. Sejauh ini sudah mencapai gelombang ke-32. Pesertanya mencapai 12,8 juta yang tersebar di 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia.

Back to top button