Kendari

Antisipasi Lonjakan Penumpang KSOP Kendari Tambah Armada Rute Kendari-Raha-Baubau

KENDARI – Satu pekan menjelang hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kendari Agus Winartono mengungkapkan belum terjadi lonjakan penumpang.

“Kondisi lonjakan penumpang sampai dengan hari ini belum terjadi,” ungkapnya saat diwawancarai di Pelabuhan Nusantara Kendari, Senin (25/4/2022).

Padahal, kata dia, KSOP Kendari telah memprediksi lonjakan penumpang terjadi di hari ke tujuh sebelum lebaran.

“Kita tetap tunggu, kemungkinan nanti tanggal 29 hari Sabtu,” kata Agus.

Letkol Marinir Agus juga menerangkan pihaknya telah melakukan langkah-langkah apabila di H-3 nanti terjadi lonjakan penumpang dengan menyiapkan sejumlah armada.

Baca juga: 291 Jemaah Haji Asal Kendari Berangkat 19 Juni 2022 Menuju Arab Saudi

Untuk rute Kendari-Raha-Baubau sebanyak lima kapal telah disiagakan di Pelabuhan Nusantara yakni Ekspress Bahari 6E, Ekspress Bahari 5E, Ekspress Pricilia 88, Ekspress Bahari 7F dan Ekspress Bahari 168.

Apabila terjadi overload penumpang, pihaknya akan meminta petunjuk dari pusat. Tetapi pengalaman mudik sebelumnya kata Letkol Marinir Agus, belum pernah terjadi overload penumpang.

“Kapal banyak dengan rute yang sama,” katanya

Lanjut, apabila sarana yang disediakan kurang dan penumpang masih melebihi kapasitas, maka KSOP Kendari akan menyampaikan hal tersebut ke pusat.

“Kita akan minta petunjuk, apakah ada dispensasi,” tutur Agus.

Meski begitu, dia menegaskan, sampai saat ini belum terjadi over load dan armada kapal masih memadai.

“Tiap kapal beda-beda kapasitasnya, ada yang muat 700 sampai 1000 orang, tapi saat ini penumpang belum sampai segitu,” bebernya.

Back to top button