Viral

Anies Berpeluang Besar Diusung Jadi Capres jika Terbentuk Koalisi NasDem-PKS-Demokrat

Rabu, 21 Sep 2022 – 12:54 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Antara)

Anies Baswedan memiliki peluang yang besar untuk diusung jadi calon Presiden (Capres) 2024 jika terbentuk koalisi antara Partai NasDem dengan Demokrat dan PKS.

Demikian disampaikan pengamat politik Universitas Muhammadiyah Kupang Dr. Ahmad Atang, Rabu (21/9/2022), terkait peluang koalisi NasDem dengan Demokrat dan PKS untuk menghadapi Pemilu 2024.

“Jka koalisi ini permanen maka figur yang memiliki peluang besar untuk diusung adalah Anies Baswedan karena Nasdem dan PKS tidak memiliki kader untuk diusung,” kata Ahmad.

Sedangkan Demokrat mendorong Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) namun popularitas dan elektabilitas tidak cukup meyakinkan untuk dijadikan Capres, sehingga politik kompromistis tentu diambil agar Anies dan AHY dapat disandingkan.

“Jika koalisi NasDem, PKS, dan Demokrat dipertemukan oleh figur yang sama maka secara otomatis mereka telah melepaskan basis ideologis masing-masing,” katanya.

Menurut dia, dengan dibangunnya koalisi antara NasDem, PKS, dan Demokrat maka merupakan perpaduan antara basis nasionalis Demokrat dan nasionalis religius.

Ahmad menambahkan jika dilihat dari pengelompokan partai yang akan berkoalisi untuk mengusung pasangan calon presiden pada Pilpres 2024 mendatang, maka terlihat bahwa PDI Perjuangan dapat mengusung pasangan calon sendiri tanpa koalisi karena telah memenuhi syarat 20 persen.

Sementara Partai Golkar, PAN, dan PPP telah membentuk KIB, dan Gerindra akan berkoalisi dengan PKB, maka partai yang tersisa adalah NasDem, PKS, dan Demokrat.

“Dengan demikian, menurut saya tidak ada pilihan lain bagi Partai NasDem harus berkoalisi dengan partai PKS dan Partai Demokrat,” kata pengajar ilmu politik pada sejumlah perguruan tinggi di Nusa Tenggara Timur (NTT) ini.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button