Hangout

7 Tips Atur Porsi Olahraga yang Tepat untuk Lansia

Sama seperti kaum usia produktif, para kaum lanjut usia (lansia) disarankan untuk tetap aktif bergerak dan rutin berolahraga setidaknya 150 menit per minggu atau minimal 30 menit setiap harinya.

“Namun, meskipun tetap boleh melakukan olahraga favorit semasa muda, ada beberapa rambu-rambu yang perlu diperhatikan ketika lansia mau memulai berolahraga,” kata dr. Antonius Andi Kurniawan, Sp.KODokter Spesialis Kedokteran Olahraga, Sport Medicine, Injury & Recovery Center, RS Pondok Indah – Bintaro Jaya, ditulis di Jakarta, Sabtu, (08/10/2022).

Mungkin anda suka

Berikut adalah tujuh tips cara mengatur porsi olahraga yang tepat untuk para lansia agar tidak salah jalan:

1. Konsultasikan kondisi kesehatan dengan dokter yang merawat lansia sebelum memutuskan untuk mulai berolahraga.

“Hal ini untuk memastikan kembali bagaimana porsi olahraga yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan masing-masing lansia,” tambah Antonius Andi Kurniawan.

2. Para lansia yang sudah lama tidak berolahraga sebaiknya memulai olahraga perlahan dengan latihan yang ringan dan konstan.

3. Selalu lakukan pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelah berolahraga.

“Meskipun sederhana, tetapi kedua hal ini dapat membantu menyiapkan tubuh untuk berolahraga dan beristirahat, serta mengurangi risiko terjadinya cedera ketika berolahraga,” paparnya.

4. Lakukan olahraga ketika tubuh benar-benar bugar.

5. Tidak perlu terlalu memaksakan diri.

“Pertambahan usia membuat tubuh tidak sebugar ketika muda, maka lekas merasa lelah adalah hal yang wajar. Lakukan olahraga secara perlahan dengan kesadaran penuh akan kemampuan diri sendiri dan berhentilah ketika sudah merasa lelah,” ujarnya.

6. Melakukan latihan keseimbangan karena latihan keseimbangan sangat berguna untuk mencegah jatuh pada lansia.

7. Belajarlah teknik yang benar dalam melakukan olahraga agar tidak terjadi cedera olahraga.

Back to top button