News

Pilpres Belum Digelar, tapi NU Sudah Menang

Wakil Sekretaris Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maman Imanul Haq menilai Nahdlatul Ulama (NU) sudah memenangi kontestasi meski Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. belum digelar. Sebab, sejumlah tokoh dari kalangan NU menjadi kandidat mengikuti pilpres tahun depan.

Para tokoh NU tersebut yaitu  Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) Anies Baswedan. Lalu, Mahfud MD yang ditarik menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Ganjar Pranowo. Bahkan, Erick Thohir (Etho) yang diduga bakal dipinang Prabowo Subianto untuk menjadi pendampingnya di Pilpres 2024..

“Hari ini yang sudah menang itu NU. Mahfud, Muhaimin, Etho NU. Tapi jenis NU-nya beda-beda. Ada NU yang asli pake (huruf hijaiyah), dan itu Pak Muhaimin, karena dia adalah cicit pendiri NU,” kata Maman di Gedung Joeang 45, Menteng, Jakarta Pusat,  Rabu (18/10/2023).

Sedangkan Mahfud MD, kata Maman, adalah tokoh NU yang dibawa oleh Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gusdur). Sedangkan terkait Etho disebut sebagai sosok NU naturalisasi.

“Kita bukan soal asli, tidak asli ya. Siapa saja nanti tentu kita berharap semua membangun apa yang menjadi amanat NU, penguatan sumber daya manusia (SDM), soal kualitas pendidikan, soal penyiapan negara kepada buruh, tani, nelayan, sumber daya alam (SDA) itu semua adalah menjadi muktamar NU,” ujar Maman menambahkan.
 

Back to top button