Arena

Perjuangan Indonesia di Piala Sudirman 2023 Dimulai, Kanada Menanti di Laga Pertama

Tim Bulu Tangkis Indonesia akan berhadapan dengan Kanada pada pertandingan perdana Kejuaraan Beregu Campuran Piala Sudirman 2023 yang berlangsung 14 – 21 Mei di China. Meski berstatus sebagai tim unggulan ketiga-keempat dan berada di pot pertama, skuad asuhan Fajar Alfian harus tetap berhati-hati menghadapi lawan yang berada di pot ke-4.

Laga antara Indonesia dan Kanada di penyisihan Grup B ini akan digelar di Suzhou Olympic Sports Center, Suzhou, China hari ini Senin, (15/5/2023) pagi pukul 09.00 WIB. Dalam grup yang sama, Thailand akan menghadapi Jerman.

Indonesia yang dikenal kuat dengan sejumlah pemain berada di sepuluh besar ranking dunia di empat nomor, harus memulai perjalanan mereka dengan menghadapi tim yang berada di ranking paling bawah dalam grup, sesuai dengan peraturan turnamen. Namun, Kanada bukanlah lawan yang bisa diremehkan, sebab mereka memiliki pemain dengan ranking 20 hingga 40 besar dunia di setiap nomor.

Brian Yang, pemain tunggal putra Kanada, misalnya, pernah mengalahkan Jonatan Christie pada penyisihan grup Piala Sudirman 2021. Sedangkan Michelle Li, tunggal putri terbaik Kanada, telah memenangi satu dari tiga pertemuan dengan Gregoria Mariska Tunjung.

Manajer Tim Indonesia, Armand Darmadji, mengingatkan skuadnya untuk tidak meremehkan setiap lawan. “Setiap poin yang didapat bisa menentukan nasib kami untuk lolos dari persaingan fase grup,” ujarnya.

Format round robin pada fase grup menuntut 16 tim yang terbagi dalam empat grup untuk bersaing menjadi dua tim terbaik dari masing-masing grup. Selain jumlah kemenangan, posisi tim dalam klasemen juga bisa ditentukan oleh selisih gim hingga poin.

Pelatih ganda campuran, Amon Sunaryo, memastikan semua pemain sudah siap untuk diturunkan. Beberapa pemain, seperti Putri Kusuma Wardani dan Ribka Sugiarto, juga menunjukkan semangat tinggi menjelang pertandingan pertama.

Pelatih ganda putra, Herry Iman Pierngadi, menegaskan bahwa dia memiliki opsi dari tiga pasangan yang dibawa untuk laga pertama. “Saya akan melihat kondisi pemain sendiri dulu, lalu lihat siapa lawannya,” ujar Herry.

Tim ganda putra Indonesia, yang dipimpin Herry, diisi oleh pemain dengan latar belakang yang berbeda. Fajar/Muhammad Rian Ardianto telah menunjukkan penampilan konsisten sejak 2022 dan menjadi pasangan nomor satu dunia. Sementara itu, pasangan muda Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan mantan pemain ranking teratas dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, juga siap untuk diturunkan.

Back to top button