Market

22 Produk UMKM Magelang Ramaikan AEM Retreat Ke-29 yang Digagas Kemendag

Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI mengadakan pertemuan ASEAN Economic Ministers (AEM) Retreat ke-29 di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mulai 20-22 Maret 2023. Di sela acara ini, dipamerkan 22 jenis produk UMKM.

Dalam pertemuan bilateral antar menteri ASEAN ini, digelar pameran produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Sedikitnya 22 produk UMKM asli Magelang berjajar di Plataran Heritage Borobudur, Dusun Kretek, Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang. Tempat berlangsungnya pertemuan AEM Retreat Ke-29.

Banyak ragam dari produk UMKM yang dipamerkan. Mulai pakaian, kerajinan tangan hingga makanan dan minuman (mamin) khas Magelang. Tenda khusus UMKM dibangun tepat di depan lobby utama Plataran Heritage Borobudur.

Nafisa (43), pelaku usaha kerajinan tangan dari kayu dan tanduk kerbau, mengaku cukup antusias dengan gelaran AEM Retreat ke-29. Pertemuan antar menteri ASEAN ini, berdampak pada perekonomian khususnya pelaku UMKM.

“Harapannya produknya lebih terkenal, ini era kebangkitan lah setelah pandemi beberapa tahun kemarin. Mudah-mudahan sukses lah di acara ini, berdampak juga ke kami UMKM,” ucap Nafisa saat berbincang dengan Inilah.com.

Tak hanya kerajinan kayu dan tanduk kerbau, Nafisa juga memajang sejumlah kerajinan tangan khas Magelang berbahan kulit. Produk yang dihasilkan cukup menarik, ada tas, dompet, dan sejumlah aksesoris lainnya.

Khusus kerajinan berbahan kayu, Nafisa mengatakan, mampu menghasilkan sejumlah produk rumah tangga seperti, cangkir, gelas sendok dan lain sebagainya.

Soal harga, tak perlu khawatir. Cukup terjangkau kantong. Untuk kerajinan tangan dari tanduk kerbau dan kayu, dibanderol mulai Rp10 ribu. Sedangkan pernak-pernik hiasan atau pajangan, berkisar Rp100 ribuan.

Ke depan, Nafisa tak menampik, produknya bisa go internasional alias ekspor. “Ya kepengen tapi belum ketemu aja buyer yang langsung. Dulu jaman sebelum pandemi kita punya buyer langsung dari Amerika jadi ga tangan kedua kayak sekarang. Kadang sebenarnya ada juga buyer tapi karena apa ya harus yang tepat dan lain-lain, tapi kita gabisa kan dipatok-patok kayak pabrikan gitu ya jadi kesulitannya di sana. Kalau kayu okelah tapi kalau tanduk kan susah,” jelas Nafisa.

Asal tahu saja, Kemendag menggelar pertemuan pra Senior Economic Officials Meeting (SEOM) untuk ASEAN Economic Ministers (AEM) Retreat ke-29 pada hari ini (Senin, 20/3/2023). Ada 7 poin prioritas atau Priority Economic Deliverables (PED) yang dibahas dalam forum ini.

Back to top button