Bisnis

Kunjungan Wisatawan Asing ke Sulsel Anjlok 41,36 Persen, Ini Penyebabnya

Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan (Sulsel) mendata jumlah wisatawan mancanegara pada November 2022 yang masuk melalui pintu Makassar mengalami penurunan sekitar 41,36 persen dari 897 orang pada bulan sebelumnya menjadi 526 pelancong.

“Jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Sulsel ini khusus yang melalui pintu Makassar terjadi penurunan sekitar 41,36 persen dan penurunannya tidak terlalu besar,” ujar Kepala BPS Sulsel Suntono di Makassar, Selasa (4/1/2023).

Mungkin anda suka

Suntono mengatakan penurunan jumlah angka pelancong mancanegara ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya musim liburan di beberapa negara tidak sama dengan Indonesia.

Sari jumlah itu, lanjut dia, terdapat lima negara yang menjadi penyumbang terbesar wisatawan mancanegara yakni, Malaysia, Singapura, Amerika Serikat (AS), Prancis, Australia, Belanda, Inggris, dan Italia.

“Kalau melihat negara penyumbang wisatawan berdasarkan lima negara teratas itu, ada yang dari Benua Asia seperti Malaysia dan Singapura, kemudian dari Benua Eropa seperti Belanda, Prancis dan Italia,” katanya.

Mantan Kepala BPS NTB itu menyatakan jika kunjungan wisatawan mancanegara itu juga berdampak pada Tingkat Penghuni Kamar (TPK) di sejumlah hotel berbintang di Sulawesi Selatan.

Tingkat penghunian kamar hotel berbintang di Sulawesi Selatan rata-rata mencapai angka 55,47 persen atau naik 3,72 poin dibandingkan dengan TPK Oktober 2022 yang mencapai 51,75 persen.

Sedangkan lama menginap wisatawan, lanjutnya, mencapai 1,59 hari atau turun 0,08 hari jika dibandingkan rata-rata lama tamu menginap pada Oktober 2022.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button