News

Ilham Habibie, Khofifah dan Yenny Wahid Diusulkan Jadi Pasangan Anies

Kamis, 12 Jan 2023 – 21:50 WIB

Anies Ganjar - inilah.com

Momen Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswesdan bercengkerama dalam acara Rakernas APPSI Tahun 2022 di Bali, Senin (9/5/2022) (Foto: Solopos)

Sejumlah figur dari ragam latar belakang mulai diwacanakan untuk diusung menjadi pasangan Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Mereka yang masuk bursa berasal dari teknokrat, hingga tokoh NU yang sedang mengemban jabatan publik maupun tidak.

Ketua DPP Partai NasDem Effendi Choiri menyebutkan nama-nama yang diusulkan yakni Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf, Yenny Wahid dan Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen. Ada juga kalangan teknokrat Ilham Habibie.

“Kalau dari luar, ini wacana bebas. Saya yang berwacana. Di dalam NasDem-nya dari nama itu ada juga yang disebut. Cuma saya menambahkan,” kata sosok yang akrab disapa Gus Choi, kepada wartawan, Kamis (12/1/2023).

Sekalipun begitu, Gus Choi mengingatkan NasDem secara resmi belum mengusulkan kandidat cawapres untuk Anies. Namun dia mengingatkan nama-nama tersebut bisa diwacanakan untuk memastikan respons publik.

Menurutnya, dalam sejumlah pembahasan di internal NasDem yang melibatkan jajaran pengurus pada level bawah hingga atas, tak sedikit yang mengusulkan cawapres Anies berasal dari kalangan NU. “Nah kader-kader NU itu ya, yang masih netral belum berpolitik praktis. Kalau Cak Imin kan sudah ke Prabowo, yang bebas dari partai seperti itu  Khofifah, Saifullah Yusuf, Yenny Wahid, dan Gus Yasin.”

Gus Choi memastikan pula semua usulan siapa cawapres untuk Anies layak untuk ditampung. Begitu pula usulan agar Anies disandingkan dengan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono maupun eks Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

“Semua usulan kan harus ditampung, dibicarakan bersama dan ujungnya adalah siapapun harus diterima asal memang cawapresnya itu bisa mendongkrak suara. Bisa memenuhi kelemahan Mas Anies sehingga kelemahan bisa diisi, kekurangan bisa dilengkapi di situ,” ujarnya.

Back to top button