Ototekno

Bersama Tim Mitsubishi Ralliart, Rifat Sungkar Siap Pacu Kencang Triton di Ajang Reli AXCR 2022

Selasa, 01 Nov 2022 – 20:42 WIB

Mitsubishi Rifat AXCR

Pebalap nasional Rifat Sungkar bergabung dengan Tim Mitsubishi Ralliart di ajang AXCR 2022 yang akan digelar di Thailand-Kamboja, pada 21-26 November mendatang (foto: Inilah.com)

Pebalap nasional Rifat Sungkar siap kembali berlaga dalam ajang Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 yang bakal digelar pada 21-26 November mendatang di Thailand-Kamboja.

Menggunakan mobil Mitsubishi Triton, juara Indonesian Sprint Rally Championship 2022 ini tergabung dalam Tim Mitsubishi Ralliart bersama juara Thailand Autocross Championship Chayapon Yotha (Thailand) dan Sakchai Hantrakul (Thailand) yang juga berpengalaman, dengan mobil ketiga.

Tim Mitsubishi Ralliart juga didukung oleh Hiroshi Masuoka, mantan juara Reli Dakar dua kali sekaligus engineer dari Mitsubishi Motors yang akan menemani tim untuk memberikan dukungan teknis. Pereli legendaris Jepang ini juga akan bertindak sebagai Direktur Tim Mitsubishi Ralliart.

Rifat mengatakan, Mitsubishi sudah cukup lama tidak meramaikan ajang motor sport, sekitar 10-12 tahun terutama tim Ralliart. Maka kembalinya merek Jepang itu di tahun ini menjadi kebanggaan terutama untuk dirinya sendiri yang dipercaya memperkuat tim.

“AXCR ini seperti Paris Dakar versi Asia, ini long distance rally yang butuh keakuratan, komunikasi. Biasanya saya reli 200 kilometer, sekarang kami jalan 1.700 kilometer. Artinya dalam satu minggu saya nyetir mobil lebih banyak dibanding satu tahun,” tutur Rifat saat acara konferensi pers yang digelar Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) di Black Stone Garage, Jakarta Selatan, Selasa (1/11/2022).

Mitsubishi Rifat AXCR

Pebalap berusia 43 tahun lalu itu mengaku butuh banyak penyesuaian dengan mobil yang akan ia pacu di ajang AXCR 2022 itu. Bahkan, ada satu hal yang membuatnya terkejut saat melakukan uji coba di Thailand beberapa waktu lalu.

“Begitu saya di Thailand, saya kaget. Testing tiga hari, mobil yang dipakai standar, yang diganti shocbreaker-nya saja,” ujarnya.

Tim Mitsubishi Ralliart memang telah melakukan tes ketahanan mobil reli Triton sejauh 1.100 km di trek balap off-road Grand Prix Motor Park di Kanchanaburi, Thailand, pada 29-31 Agustus lalu.

Rifat mengaku kagum dengan kemampuan dari Mitsubishi, yang membuat model Triton agar bisa bertahan di kondisi ekstrem serta tidak mudah mengalami kerusakan.

“Waktu saya testing ada kotak segede kotak sepatu. Saya tanya apa ini, ternyata di dalam kotak itu ada 16 telemetri di semua titik sudut mobil. Setelah itu, mereka cek mana yang retak sasisnya. Sampai ribuan kilometer, tidak ada keretakan,” ucapnya.

Mitsubishi Rifat AXCR

Setelah mengetahui kemampuan dari mobil tersebut, suami dari aktris Sissy Prescillia tersebut mengaku sangat percaya diri bahwa timnya bisa menjadi juara di kelas mobil produksi umum.

“Targetnya menang, kalau ngga menang ya ngga usah berangkat. Menang yang saya maksud, kami datang bukan dengan kelas kendaraan paling atas, tapi production car,” jelasnya.

Mitsubishi Triton dipersenjatai mesin diesel empat silinder turbo berkode 4N15 dengan volume silinder 2.442cc DOHC dilengkapi 16 valve. Tenaga maksimalnya mencapai 181 PS di 3.500 rpm, dan torsi 430 Nm di 2.500 rpm.

Mobil pengangkut barang dengan kabin ganda itu bobotnya dipangkas, dan mereka juga meningkatkan karakteristik output dari mesin dieselnya, serta kemampuan saat berkendara seperti sektor kaki-kaki.

“Partisipasi Mitsubishi Motors di AXCR untuk buktikan durablitas, di mana nanti sekembalinya Rifat, untuk MMC (Mitsubishi Motor Corporation) akan ada pembelajaran bagaimana improve produk kami ke depannya di seluruh dunia,” ujar Presiden Direktur MMKSI Naoya Nakamura.

Back to top button