Kendari

Pemkot Kendari Gelar Kongres I FPRB Wujudkan Bangsa Tangguh Bencana 

KENDARI – Dalam meningkatkan kolaborasi dan integrasi untuk mewujudkan ketangguhan bangsa menghadapi bencana, Pemerintah Kota Kendari menggelar Kongres I, Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) tahun 2022, Kamis (10/11/2022).

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kongres pertama tersebut, yang diselenggarakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendari dalam rangka pembentukan FPRB.

Asmawa juga mengatakan bahwa dalam konteks penanggulangan bencana, Pemerintah Kota memiliki mandat untuk melindungi penduduk atau warganya dari kemungkinan bencana.

Baca juga: Asmawa Tosepu Kenalkan Penerapan Prinsip Pentahelix Dalam Pembangunan Kota Kendari

“Dalam hal ini Pemerintah Kota Kendari atau pemerintah daerah yang berada paling dekat dengan penduduk memiliki tanggung jawab yang paling besar atas kegiatan atau pelaksanaan kongres FPRB ini,” ungkapnya.

Apalagi saat ini dengan datangnya masa pancaroba dan menjelang musim penghujan, diperlukan adanya kewaspadaan siaga bencana terutama, ancaman bencana banjir, tanah longsor dan angin kencang.

Sehingga, perlu dilakukan partisipasi dari semua kalangan termasuk masyarakat dalam penanggulangan dan pengurangan risiko bencana, termasuk harus ada pembekalan pengetahuan dan keterampilan teknis.

“Sehingga masyarakat dapat bertindak tepat dan cepat ketika terjadi bencana sewaktu-waktu,” ucapnya.

Sehingga ia berharap, FPRB Kota Kendari bersedia menyamakan visi dan misi dalam penanggulangan bencana sesuai dengan bidangnya masing-masing.

“Semoga upaya dan langkah kita ini dapat bermanfaat bagi masyarakat kota Kendari,” pungkasnya.

Perlu di ketahui kongres ini di laksanakan berdasarkan, Keputusan Wali Kota Kendari nomor 945 tahun 2018 tentang pembentukan pengurus FPRB Kota Kendari periode tahun 2018-2021 yang telah berakhir.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button