Kendari

Asmawa Tosepu Kenalkan Penerapan Prinsip Pentahelix Dalam Pembangunan Kota Kendari

Inilahkendari.com – Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengadakan coffee morning bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) hingga para pengusaha, di gedung Graha Pena, Jumat (4/11/2022).

Ia mengenalkan prinsip yang dia terapkan yaitu prinsip Pentahelix dalam membangun Kota Kendari.

Dia juga menerangkan bahwa Konsep atau Prinsip tersebut memiliki makna melibatkan lima unsur dalam pembangunan Kota Kendari, diantaranya unsur pemerintah, perusahaan, masyarakat, perguruan tinggi dan media.

Baca juga: Masyarakat Kelurahan Watulondo Rasakan Manfaat Program Pembangunan Ketua Fraksi Golkar DPRD Kendari

Asmawa mengaku kelima unsur ini merupakan bagian penting majunya suatu daerah. Sehingga ia berpesan agar semua stakeholder bisa bersama-sama membangun Kota Kendari.

“Masukan dan saran dari semua pihak tadi, sebagian sudah sementara berjalan seperti program Kendari Terang untuk penerangan jalan, hingga semua titik terpasang,” kata Asmawa.

Selain itu dia kemudian menegaskan bahwa meski semua pihak dibutuhkan perannya untuk membangun kota, namun peran pemerintah harus lebih maksimal karena merupakan regulator utama dalam menjalankan Prinsip tersebut.

Lanjut menurutnya, pemerintah bertugas memberikan pelayanan yang adil tanpa diskriminasi membuat regulasi dan penegakkan hukum.

Lalu unsur perusahaan memiliki peran dalam melakukan inovasi, investasi, riset dan pengembangan serta rekomendasi kebijakan.

Terakhir Penjabat Wali Kota Kendari itu juga meminta keterlibatan sektor swasta untuk menyalurkan dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) pada masyarakat di sekitar perusahaan beraktivitas.

“Kira-kira di lingkungan perusahaan bapak/ibu ada masyarakat kurang mampu yang bisa diasuransikan kira-kira begitu contoh konkretnya. Biarlah perusahaan langsung yang melakukan pada masyarakat tidak harus melalui pemerintah,” ujarnya.

Harapannya CSR bisa disalurkan dalam bentuk program Kendari Sehat, Kendari Pintar, Kendari Hijau dan Bersih, Kendari Wirausaha, Kendari berbudaya dan Kendari Beriman.

“Mudah-mudahan pertemuan hari ini menjadi cikal-bakal sektor swasta memberi rekomendasi kebijakan seperti apa kita membawa Kendari kedepan,” harapnya. (advertorial)

Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu foto bersama Forkopimda

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button