Kanal

Tingkatkan Potensi Usaha Dalam Negeri, Bea Cukai Gresik Bantu Pelaku Usaha Dorong Ekspor

Bea Cukai Gresik menjalankan perannya sebagai trade facilitator dan industrial assistance melalui kegiatan pengawasan dan asistensi ekspor. Asistensi pelaksanaan ekspor dan koordinasi dilakukan oleh Bea Cukai Gresik dengan para pelaku usaha di wilayah pengawasannya.

CV WN Mango Sultan merupakan salah satu pelaku usaha yang berhasil melakukan ekspor produknya berupa buah mangga ke Singapura pada akhir Oktober lalu.

Mungkin anda suka

Sebelumnya, perusahaan tersebut telah melakukan ekspor produk sejenis sebanyak 1.008 Kg dengan nilai devisa ekspor sebesar 3.528 dolar Singapura. Secara total CV WN Mango Sultan telah berkontribusi terhadap devisa ekspor mencapai 8.332,8 dolar Singapura.

Kerja sama dalam meningkatkan potensi UMKM juga dijalin Bea Cukai Gresik dengan PT Freeport Indonesia lewat program kemasyarakatan dan klinik ekspor. Diharapkan juga dapat bekerja sama dengan Bea Cukai terkait binaan UMKM melalui tim klinik ekspor untuk mendukung IKU UMKM orientasi ekspor dengan adanya indirect exportir.

Melalui peranan klinik ekspor, UMKM binaan Bea Cukai Gresik, CV Sawindo Subur Abadi, kembali menggelar ekspor berkelanjutan yang ke-13 di tahun 2022 pada Senin, 14 November 2022. Produk berupa rumput laut kering ini sebanyak 2 kontainer akan diberangkatkan ke Cina.

Wahjudi Adrijanto, Kepala Kantor Bea Cukai Gresik yang baru menyambut baik kinerja UMKM ekspor rumput laut kering secara konsisten sampai ke-13 ekspor dan nilai devisa ekspor hingga saat ini mencapai 47,593.65 USD.

“Bea Cukai Gresik melalui klinik ekspornya, hingga saat ini mampu mengantarkan 21 UMKM ekspor dengan memberikan asistensi NIB, asistensi perizinan, pendampingan pembuatan modul ekspor hingga memberikan akses pasar ke luar negeri. Sejalan dengan program strategis pemerintah, bahwa UMKM turut berkontribusi dan tercatat kisaran 61 persen kontribusi terhadap PDB nasional dan menyerap 97 persen dari total tenaga kerja,” ujar Wahjudi.

Harapan dari ekspor lanjutan yang dilaksanakan oleh CV Sawindo Subur Abadi adalah sebagai penyemangat bagi pelaku UMKM lain agar dapat ekspor karena ekspor itu mudah

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button