IXU

Tidur Dekat Handphone Bisa Merusak Otak, Begini Penjelasannya

Mungkin hampir sebagian besar orang saat ini terbiasa tidur berdekatan dengan handphone atau ponselnya. Bahkan tak sedikit pula yang tertidur dengan ponsel di bantal mereka.

Dikutip dari laman New Times, kebiasaan tidur dengan handphone perlu dihindari karena dapat mempengaruhi kualitas tidur dan kesehatan otak.

Mungkin anda suka

Konsultan ahli neurologi dari University Teaching Hospital of Kigali (CHUK), dr Francois Xavier Nshimiyimana mengungkapkan ponsel pintar dapat memicu dampak buruk bagi kesehatan otak.

Menurut Nshimiyimana, ada bagian otak bernama hipotalamus yang bekerja mengontrol cahaya dari ponsel dengan cara yang dapat menstimulasi otak.

“Saya menyebut bagian ini sebagai jam yang diatur pada otak,” ujar dr Nshimiyimana.

Ada pula bagian di otak yang dikenal sebagai nukleus suprakiasmatik. Bagian ini bertugas untuk meregulasi bagian hipotalamus. Ketika ini terganggu, ada hormon yang meningkat dan membahayakan sebagain sel-sel yang mencegah tubuh dari proses penuaan yang cepat.

“Menyebabkan efek seperti sakit kepala,” jelasnya.

Nshimiyimana menyarankan, matikan ponsel sebelum tidur, bila tidak bergantung pada alarm di ponsel. Opsi lainnya, adalah memasang mode pesawat pada ponsel sebelum tidur.

“Tempat tidur Anda diperuntukan sebagai tempat yang sunyi untuk Anda berelaksasi dan tidak memiliki gangguan-gangguan lain,” tukasnya.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Ivan Setyadhi

Dreamer, Chelsea Garis Biru, Nakama, Family Man, Bismillah Untuk Semuanya, Alhamdulillah Atas Segalanya
Back to top button