Bisnis

Sri Mulyani Siapkan ‘Angpo’ untuk 40 Daerah yang Berhasil Tekan Inflasi

Berhasil menekuk kenaikan harga atau inflasi, sebanyak 40 daerah bakal keciptaran dana insentif daerah atau DID senilai Rp420 miliar.

Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ancang-ancang memberikan dana insentif daerah (DID) kinerja tahun berjalan bagi pemerintah daerah yang berhasil menekan laju inflasi. Sedikitnya ada 40 daerah yang beruntung.

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Astera Primanto Bhakti mengatakan bahwa pemberian DID tersebut merupakan sebuah reward atau penghargaan untuk daerah-daerah yang mempunyai prestasi yang outstanding sejalan dengan program-program pemerintah.

Adapun penilaian tersebut akan dinilai dengan empat kategori, yaitu penggunaan produk dalam negeri dan percepatan belanja daerah, percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, dukungan belanja daerah terhadap penurunan tingkat kemiskinan, tingkat pengangguran, stunting dan penurunan inflasi daerah. “Kita tahu ini pemerintah sekarang sedang menggalakkan program bagaimana kita bisa me-manage inflasi daerah,” ujar Astera, Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Kata anak buah Menteri Keuangan Sri Mulyani ini, alokasi DID Kinerja Tahun Berjalan khusus kategori penanganan inflasi daerah diberikan kepada 40 daerah dengan rincian 10 Provinsi, 15 Kota, dan 15 Kabupaten dengan nilai mencapai Rp420 miliar. “Jadi totalnya ada sekitar 40 daerah yang akan dapat untuk penurunan inflasi daerah,” katanya.

Sementara untuk kategori lainnya, seperti penggunaan produk dalam negeri, percepatan belanja daerah, percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, dukungan belanja daerah terhadap penurunan tingkat kemiskinan, tingkat pengangguran dan stunting, akan diberikan DID tiap kategori tersebut dengan alokasi senilai Rp 270 miliar yang akan dibagikan kepada 10 provinsi, 10 kabupaten, dan 10 kota.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button