Viral

Putin ke Erdogan: Rusia Segera Akhiri Perang dengan Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin nampaknya serius akan mengakhiri perang dengan Ukraina setelah berjalan tujuh bulan. Keseriusan Putin ini terungkap dari pernyataan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Dalam wawancara dengan PBS, Erdogan mengatakan jika Putin akan segera mengakhiri perang dengan Ukraina. Namun saat ditanya soal seberapa cepat konflik ini akan berakhir, Erdogan menyebut sepenuhnya tergantung dari sikap dari Rusia.

“Yang paling penting, sikap Rusia akan sangat, sangat penting di sini,” katanya dalam wawancara pada Senin (19/9/2022).

“Di Uzbekistan, saya bertemu dengan Presiden (Rusia Vladimir) Putin, dan kami melakukan diskusi yang sangat luas dengannya,” kata Erdogan dalam wawancara dengan PBS, seperti dikutip TASS.

Dia menyebut, Putin sedang berupaya untuk mengakhiri perang antara Rusia dengan Ukraina. Namun Putin menilai kondisi saat ini semakin rumit sehingga menghambat proses tersebut.

“Dia bersedia mengakhiri (konflik) ini sesegera mungkin,” katannya.

“Cara saat ini (untuk mengakhiri konflik di Ukraina) cukup rumit,” ungkapnya.

“Saya pikir, langkah signifikan akan diambil ke depan. Yang ingin kita lihat adalah mengakhiri perang ini dengan damai,” tegas Erdogan.

Erdongan dan Putin mengadakan pertemuan di sela-sela KTT Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO) di Samarkand, Uzbekistan, Jumat (16/9) pekan lalu.

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin mengisyaratkan akan mengakhiri perang dengan Ukraina. Hal ini terungkap saat Putin berdialog dengan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Putin di sela-sela pertemuan puncak Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) pada Jumat (16/9) mengatakan kepada Modi sedang berusaha menghentikan konflik yang terjadi dengan Ukraina.

Hal ini terlontar saat Putin menanggapi kekhawatiran Modi soal perdamaian dan menjaga dunia untuk tetap bersama.

“Saya tahu posisi Anda dalam konflik di Ukraina, kekhawatiran Anda yang terus-menerus Anda ungkapkan,” kata Putin kepada Modi di sela-sela pertemuan puncak SCO di Samarkand, Uzbekistan, dalam pernyataan yang Kremlin rilis, seperti dikutip Al Jazeera.

Namun upaya Putin untuk mengakhiri perang selalu terkendala dengan sikap dari Ukraina yang terus ngotot ingin menyelesaikan konflik ini lewat jalur militer.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button