Bisnis

Prihatin Rumah Warga Garut Dibongkar Rentenir, Kang Emil Sarankan Ini

Saat harga barang menjulang karena kenaikan harga BBM, paling kasihan rakyat kecil. Untuk makan saja sulit apalagi modal kerja. Salah-salah, terjebak utang ke rentenir yang bunganya mencekik leher.

Agar tak terseret utang ke rentenir, Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil punya saran menarik. Manfaatkan fasilitas Kredit Masyarakat Ekonomi Sejahtera disingkat Mesra. Kredit ini diselenggarakan Bank BJB, cocok untuk modal usaha. Sehingga, warga Jabar tak perlu tergantung rentenir untuk memulai usahanya.

“BJB sudah diperintahkan ikut kredit mesra. Uangnya sama, tidak pakai bunga dan agunan. Saya sudah hadirkan tahun awal sejak menjadi gubernur,” kata Kang Emil, sapaan akrabnya di Gedung Sate Bandung, Senin (19/9/2022).

Program Kredit Mesra adalah fasilitas pinjaman yang diberikan Bank BJB kepada pelaku usaha mikro perorangan yang belum bankable dengan plafon maksimal Rp5 juta. Keunggulan produk BJB mesra adalah bunga 0 persen tanpa agunan dan bebas biaya provisi.

Saat ini, Kang Emil mengaku sangat prihatin dengan kasus perusakan dan pembongkaran rumah seorang warga di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, yang diduga dilakukan oleh rentenir karena masalah utang piutang. “Makanya, saya berharap warga jangan lagi ada yang terjebak rentenir. Saya ikut prihatin,” kata Kang Emil.

Dirinya berharap kasus serupa tak terulang lagi di Jawa Barat. Selain itu, pihaknya mempersilakan kepolisian untuk melakukan tugasnya mengusut perkara tersebut. “Kalau kriminalitas tetap ditangani kepolisian ya,” kata dia.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button