Viral

Potongan Kue Ultah Megawati, Simbol Kedekatan hingga Keharmonisan Keluarga Soekarno

Perayaan ulang tahun (ultah) ketua umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri ke-76 di rumah pribadinya, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Senin (23/1/2023) terbilang sederhana. Perayaan ultah itu hanya dihadiri keluarga, sahabat terdekat, serta sejumlah menteri dan sejumlah pejabat pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Namun, terdapat momen menarik saat Megawati memberikan potongan kue ultah kepada tiga tokoh yang hadir.

Mungkin anda suka

Potongan kue pertama diberikan kepada Sekretaris Kabinet dan eks Sekjen PDIP Pramono Anung. Selanjutnya, potongan kedua untuk kakak kandungnya Guntur Soekarnoputri, dan potongan ketiga untuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

“Ketiganya orang dekat Megawati,” kata pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, Senin (23/1/2023).

Jamil, sapaan akrab Jamiluddin, menjelaskan Pramono dan Basuki merupakan kader PDIP yang. Keduanya merupakan sosok yang dipercaya Megawati.

Sementara Guntur, lanjut Jamil, satu darah dengan Megawati. Guntur merupakan kakak Megawati. Jamil

menilai wajar apabila Megawati sebagai adik turut memberikan potongan kue kepada Guntur.

Hanya saja, Jamil memandang ada makna khusus terkait potongan kue yang diberikan Megawati kepada Guntur. “Megawati tampaknya ingin menyampaikan pesan hubungannya dengan sang kakak baik-baik saja,” ujar Jamil.

Pesan itu sekaligus untuk membantah tidak ada perselisihan antara Megawati dengan kakaknya Guntur. Artinya, sambung Jamil, hubungan mereka sebagai keluarga besar putra putri Soekarno tetap harmonis.

Megawati, kata Jamil, seperti ingin menyatakan tidak benar ada klaim seolah Guntur dan keluarganya yang paling layak menyandang trah Soekarno. Oleh karena itu, Jamil menegaskan, dengan pemberian potongan kue kepada Guntur, Megawati hendak memperlihatkan keluarga besar Soekarno sangat rukun.

“(Selain itu) kerukunan itu diperlihatkan Megawati dengan hanya mengundang keluarga dan orang terdekat dalam ulang tahunnya ke-76,” kata Jamil menambahkan.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button