Ototekno

5 Jenis Minecraft Dengan Konsep dan Gameplay Menarik

Rabu, 25 Jan 2023 – 02:02 WIB

Jenis Jenis Minecraft - inilah.com

Jenis Jenis Minecraft

Minecraft  adalah sandbox game yang dikembangkan oleh Mojang Studios. Game ini pertama kali diperkenalkan kepada publik pada bulan May 2009 versi full-nya rilis pada November 2011. Sejak saat itu, Mojang Studios tidak pernah berhenti merilis jenis jenis Minecraft versi terbaru.

Menariknya, para penggemar game sandbox tetap antusias menanti versi-versi terbaru dari Minecraft, meski konsepnya cukup berbeda dari versi originalnya. 

Jenis-Jenis Minecraft dari 2011-2023

Sejak awal perilisan Minecraft pertama, Mojang Studios terus merilis jenis Minecraft terbaru yang dengan gameplay yang bervariatif. Namun, di antara banyaknya versi yang ada, hanya 5 versi Minecraft yang masih populer hingga saat ini.

1. Minecraft Pocket Edition

Gambar: 9minecraft.net

Jenis yang pertama adalah Pocket Edition yang merupakan versi mobile Minecraft untuk pengguna smartphone.

Versi pocket ini pertama kali rilis pada Agustus 2011 untuk perangkat smartphone dan Xperia Play, sampai akhirnya Mojang Studios merilis Minecraft Pocket Edition untuk iOS di bulan November 2011.

Sejak awal rilis, Minecraft Pocket Edition sudah menjadi salah satu game yang sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya. Bahkan, berdasarkan informasi dari Statista, total penjualan global Minecraft Pocket Edition sudah mencapai 238 juta sejak awal perilisan.

Konsep gameplay Minecraft ini masih sama seperti versi PC. Pemain akan diminta untuk membuat berbagai macam bangunan sesuai dengan keinginan mereka di dunia terbuka tanpa batas.

Minecraft Pocket Edition memiliki mode multiplayer yang berarti anda bisa mengajak teman-teman anda untuk membangun bangunan bersama-sama. Tapi fitur cross play ini hanya berlaku untuk sesama pemain Minecraft Pocket Edition saja.

2. Minecraft: Education Edition

Minecraft Education Edition - inilah.com
Gambar: Minecraft Hub Indonesia

Minecraft: Education Edition pertama kali dirilis pada 1 November 2016 untuk Windows 10 dan MacOS. Game ini dirancang khusus untuk digunakan di lembaga pendidikan seperti sekolah. 

Edisi edukasi diklaim bisa meningkatkan kreativitas anak-anak sampai orang dewasa melalui macam tantangan yang harus mereka selesaikan secara rasional. Gameplay-nya dibuat dalam konsep storytelling, sehingga mudah dipahami oleh anak-anak.

Menariknya, Minecraft: Education Edition ini mengajarkan murid membentuk kerjasama tim yang baik saja dan memberikan pembelajaran coding dasar yang sangat mudah dipahami oleh semua kalangan.

3. Minecraft PC

Minecraft Pc - inilah.com
Gambar: PCGamer.com

Versi Minecraft yang satu ini sangat cocok banget untuk kamu yang ingin menikmati gameplay Minecraft secara leluasa. Untuk kualitas grafiknya memang tidak begitu berbeda dengan versi pocket, namun untuk bagian tertentu kamu bisa melihat detail grafisnya lebih jelas.

Untuk gameplay, masih sama seperti versi Minecraft yang lainnya. Pemain dapat membangun sebuah bangunan, mencari block, berburu, dan masih banyak lainnya. Meski memiliki grafis yang tidak jauh berbeda dengan versi Pocket, anda bisa menikmati pemandangan dunia Minecraft lebih besar melalui layar monitor.

4. Minecraft Dungeon

Minecraft Dungeon - inilah.com
Gambar: Minecraft.net

Minecraft Dungeon sangat cocok sekali untuk kamu yang menikmati game action adventure strategy game. Dalam versi ini, kamu bisa merasakan serunya berpetualang di alam bawah tanah sembari menyelesaikan misi-misi yang berbahaya.

Setiap menyelesaikan misi, anda akan memperoleh misi-misi baru yang sangat menantang. Mulai dari membangun blok, bertahan hidup dari serangan monster ganas, bertarung di Dungeons, sampai membasmi Arch-illager.

5. Minecraft Legends (2023)

jenis jenis minecraft
Gambar: minecraft.net

Minecraft Legends merupakan jenis Minecraft yang sangat berbeda namun tetap mempertahankan elemen basisnya.

Versi Legends ini akan menjadi percobaan pertama Minecraft untuk genre action strategy dengan menggunakan perspektif orang ketiga yang membuat kita seolah-olah menjadi “Pahlawan” utama di permainannya.

Berdasarkan cuplikan trailer, Minecraft Legends menceritakan sebuah legenda tentang dunia luar yang bersatu, seperti monster Creepers dan Skeleton. Ancaman utama yang akan dihadapi oleh pemain adalah penghuni Nether yang terlihat ingin merusak dunia luar yang damai.

Dalam trailer tersebut juga terlihat mekanisme bangunan yang akan menjadi markas anda. Selain itu, gameplay versi ini akan sering melibatkan anda mengendarai tunggangan sambil mengumpulkan pasukan.

Beri Komentar (menggunakan Facebook)

Back to top button